Sejarah dan Urutan Sistem Operasi Android dari Pertama Sampai Terakhir

Siapa sih yang tidak kenal dengan HP android? Saat ini, dapat dikatakan bahwa hampir semua orang pasti memiliki HP Android, baik itu remaja, orang dewasa bahkan anak-anak pun sudah menggunakannya. Selain mudah digunakan, ternyata android memiliki history yang menarik. Sejarah android bisa dimulai dari tahun 2003 di mana menjadi tahun berdirinya Android.

Android didirikan oleh empat beberapa tokoh yaitu Andy Rubin, Chris White, Nick Sears, dan Rich Miner. Tahun berdirinya memang di tahun 2003, tetapi di tahun 2005 android kemudian di akuisisi oleh Google dan telah menjadi anak perusahaannya.

Sejarah Android Sebelum Terkenal Saat Ini


Sebelum di akuisisi Google, saingan terberat sistem operasi android adalah symbian dan windows mobile. Grafik naik turun tentu menjadi hal yang wajar karena ketatnya persaingan. Tetapi, setelah agustus 2005, ketika android di akusisi Google, peningkatan performa mulai ditunjukkan.
Produk pertama dengan sistem operasi android muncul di tahun 2008, yang bernama HTC Dream. Tahun 2010, Nexus dirilis setelah bekerja sama dengan Sambung, HTC dan LG. Setelah semakin populer, semakin banyak merek HP di dunia yang tertarik untuk menggunakan sistem operasi android dan terus berkembang hingga saat ini.

Urutan Sistem Operasi Android dari yang Pertama Hingga Terakhir


Berbicara sejarah android, tidak lengkap kalau belum mengenal urutan sistem operasi tersebut dari yang pertama hingga yang paling baru. Tanpa basa-basi, berikut serial lengkapnya untuk Anda.

1.     Android Versi 1.5 Cupcake

Android versi 1.5 Cupcake merupakan sistem operasi android yang pertama dirilis secara komersial. Kalau dibandingkan dengan versi yang umum saat ini, tentu berbeda jauh. Versi pertama ini cukup memiliki kemampuan android dasar saja seperti fitur widget, keyboard virtual dan auto rotate.

2.     Android Versi 1.6 Donut.
Di seri ini, Google tidak tergesa-gesa meningkatkan android dari versi sebelumnya. Dengan kata lain, hanya beberapa penambahan fitur dan perbaikan bugs saja yang dipasang di versi 1.6 Donut ini. Fitur yang ditambahkan diantaranya adalah penerjemah teks ke suara, indikator penggunaan baterai dan fitur CDMA.

3.     Android Versi 2.0 Éclair
Android versi 2.0 Éclair akhirnya muncul dengan fitur baru yang menarik. Fitur live wallpaper yang keren sudah ada di android seri ini. Kemudian, kamera dengan fokus, efek warna dan flash juga sudah terpasang. Penambahan fitur canggih tersebut bisa dikatakan sebagai bekal untuk menuju perkembangan ponsel pintar atau smartphone.

4.     Android Versi 2.2 Frozen Yogurt (Froyo)
Terdapat beberapa penambahan fitur yang sejalan dengan peningkatan popularitas android saat itu. Pada versi ini, Anda bisa melihat fitur yang signifikan seperti portable WiFi Hotspot, USB tethering, hingga fitur penyimpanan memori eksternal untuk aplikasi berkapasitas besar.

5.     Android Versi 2.3 Gingerbread
Kalau Anda ingin tahu kapan puncak popularitas sistem operasi android, maka versi 2.3 Gingerbread adalah jawabannya. Dikatakan sebagai puncak popularitas karena bisa menyedot perhatian dari para pengguna Blackberry hingga iOS. Android versi ini lebih intuitif dan lebih simpel, dan juga telah memiliki fitur NFC yang bisa digunakan untuk sistem pembayaran modern.

6.     Android Versi 3.0 Honeycomb
Android versi 3.0 Honeycomb adalah versi android yang hanya dikhususkan untuk perangkat tablet saja. Penambahan fitur pada versi ini diantaranya adalah sistem bar, layar home screen yang bisa di cotumisasi oleh pengguna, hingga dukungan prosesor multi-core yang akan memberikan performa terbaik pada tablet.
7.     Android Versi 4.0 Ice Cream Sandwich

Keunggulan dari android ver 4.0 Ice Cream ini adalah cepat dalam melakukan transfer data, karena sudah menggunakan fitur NFC di dalamnya. Catatan penting pada versi android Ice Cream adalah Google tidak lagi memisahkan sistem android untuk tablet dan untuk HP. Dengan menggabungkan kembali sistem operasi untuk tablet dan HP, maka proses optimasi juga lebih mudah dilakukan.

8.     Android Versi 4.1 Jelly Bean
Jika dibandingkan dengan sistem operasi terbaru, tentu android versi 4.1 Jelly Bean sudah di belakang. Tetapi, di masanya android Jelly Bean menjadi sistem operasi yang memiliki fitur yang menarik seperti dukungan emoji serta gambar 4K UHD yang bisa digunakan untuk melihat gambar dengan piksel yang tajam.

9.     Android Versi 4.4 KitKat
Ada satu fokus yang disematkan pada android versi 4.4 KitKat, yaitu user experience. Sistem operasi android versi ini jelas ada peningkatan performa yang signifikan sehingga pengguna bisa menikmati sistem operasi berkecepatan tinggi. Tetapi, kelemahan dari versi ini adalah pengguna tidak bisa memindahkan data ke memori eksternal.

10.  Android Versi 5.0 Lollipop
Fitur terbaru dari android versi 5.0 lollipop adalah pengguna dapat melihat notifikasi saat layar terkunci. Namun, untuk tampilan sistem android lollipop ini cukup membosankan. Dengan kata lain, pengguna berharap ada peningkatan tampilan yang diperbaiki di versi ini tetapi ternyata tidak dilakukan oleh Google. Meskipun begitu, perkembangan versi android terus dilakukan hingga muncul versi di bawah ini.

11.  Android Versi 6.0 Marshmallow
Seolah merespon kekecewaan di versi sebelumnya, android versi 6.0 Marshmallow memberikan banyak fitur canggih yang bisa dinikmati pengguna. Mulai dari fitur percobaan multi-window, USB tipe C, fitur penghemat baterai atau Doze, serta fitur dukungan sidik jari yang digunakan untuk membuka kunci layar. Cukup lengkap, bukan?

12.  Android Versi 7.0 Nougat
Selanjutnya, android hadir dengan versi 7.0 Nougat yang salah satu keunggulannya adalah tampilan antarmuka yang intuitif dan peningkatan performa dari versi sebelumnya. Tidak hanya itu, fitur multi-window yang hanya menjadi fitur percobaan di versi sebelumnya, kini sudah disempurnakan di versi ini yang membuat pengguna dapat leluasa menggunakan dua aplikasi secara bersamaan.

13.  Android Versi 8.0 Oreo
Peningkatan performa jelas dilakukan pada Android versi 8.0 Oreo. Selain itu, Anda juga akan dikejutkan dengan tampilan antarmuka yang lebih rapi dan segar. Yang menjadi prioritas untuk versi ini adalah agar pengguna bisa lebih mudah dalam mengakses aplikasi dan menemukan informasi yang dibutuhkan. Fitur Autofill, Picture in Picture, Notification Dots dan masih banyak lagi bisa Anda temukan di versi ini.

14.  Android Versi 9.0 Pie
Android versi 9.0 Pie didukung dengan fitur kecerdasan buatan atau AI. AI memiliki banyak hal yang bisa membantu pengguna seperti mengenali pola penggunaan, menyesuaikan konsumsi baterai sehari-hari, penyesuaian aplikasi yang sering digunakan, hingga mengingatkan Anda kalau terlalu lama dalam menggunakan smartphone. Benar-benar canggih, bukan?

Saking banyaknya versi sistem operasi android terkadang Anda sendiri lupa versi mana android yang sedang Anda gunakan. Semakin baru versi android yang digunakan, maka semakin baru pula fitur yang bisa digunakan. Kalau Anda menginginkan fitur yang paling canggih, tentu harus menggunakan OS Android Pie. Apakah smartphone Anda sudah memiliki android versi terbaru tersebut?


0 Response to "Sejarah dan Urutan Sistem Operasi Android dari Pertama Sampai Terakhir"

Post a Comment